hand sanitizer

Kebiasaan Baik Mencegah Virus Corona, Cuci Tangan dan Pakai Hand Sanitizer

Akhir-akhir ini, kebiasaan cuci tangan dan pakai hand sanitizer saat di luar rumah menjadi anjuran yang paling sering didengar. Penyebaran virus corona atau Covid-19 yang begitu massive membuat dua kebiasaan tersebut cukup populer. Bahkan, dunia kesehatan mengandalkan kebiasaan tersebut karena dengan cara sepertilah inilah Sobatku bisa membantu menghentikan penyebaran virus.

Cek juga obat panu ampuh dari obat kurap19

Perlu Sobatku tahu bila virus corona bukan satu-satunya parasit jahat yang menyerah pada pengaplikasian sabun saat cuci tangan. Diketahui bila ada beberapa jenis virus, bakteri, dan jamur dapat mati bila Sobatku melakukan kebiasaan ini. Lalu, bagaimana kebiasaan baik cuci tangan dan memakai hand sanitizer berbasis alkohol punya kekuatan super melawan virus corona?

Cuci Tangan Dengan Sabun

Berdasarkan hasil observasi ilmuwan di bawah mikroskop, virus corona tampak ditutupi menara runcing dan memberi mereka penampilan seperti memiliki mahkota hingga dinamai dengan ‘corona’. Di bawah mahkota terdapat lapisan luar virus yang terdiri dari lemak. Sekarang Sobatku bisa pikirkan tentang hidangan mentega yang ditutupi dengan lemak mentega.

Coba bayangkan penjelasan ini! Sobatku mencuci piring yang ada menteganya hanya dengan air. Faktanya, mentega tidak dapat dihilangkan. Sobatku perlu sabun untuk melarutkan minyak. Oleh karena alasan inilah kenapa sabun dianggap sangat efektif melarutkan cairan berminyak yang melapisi virus. Cuci tangan dengan sabun secara fisik seolah menonaktifkan virus sehingga tidak dapat mengikat dan memasuki sel manusia lagi.

Lalu bagaimana cara kerja saat kamu cuci tangan dengan sabun untuk mencegah virus corona? Diketahui bila ini terkait dengan molekul sabun yang terbentuk dan masing-masing seperti memiliki kepala dan ekor. Bagian kepala mengikat air, tetapi bagian ekor menolak air sehingga lebih suka minyak dan lemak.

Jadi, cuci tangan dengan sabun sambil menggosok tangan penting karena kombinasi tersebut dapat menciptakan lebih banyak busa sabun, di mana ini dapat mengganggu ikatan yang memungkinkan bakteri, virus, dan kuman lain menempel pada permukaan kulit. Anak kecil juga pasti suka jika bisa mendapati banyak busa di tangan, bukan?

Orang tua hanya perlu mengarahkan anak-anak untuk cuci tangan dengan sabun sambil digosok-gosok selama 20 detik. Ini termasuk bagian kuku, punggung tangan dan sela-sela jari agar semua penyebab penyakit dapat luruh dan mati oleh molekul sabun bersamaan saat membilasnya dengan air. Tidak heran jika cuci tangan dengan sabun menjadi salah satu anjuran populer untuk mencegah virus corona.

hand sanitizer

Memakai Hand Sanitizer Saat Berada di Luar

Hand sanitizer berbasis alkohol dapat bekerja se-efektif sabun jika digunakan dengan benar, yaitu paling tidak mengandung alkohol 60 persen karena memang persentasi tersebut sanggup membunuh virus. Sobatku hanya perlu mengaplikasikan sedikit hand sanitizer berbasis alkohol pada telapak tangan dan menggosokannya ke seluruh permukaan tangan, termasuk ke sela-sela jari dan punggung tangan.

Alkohol dalam hand sanitizer mampu memecah membran kuman dan virus. Memang benar jika alkohol cukup efektif untuk membunuh kuman, tetapi tidak secara total menghilangkannya. Sebagain contoh, Sobatku berada di luar lalu bersin dan menutupinya dengan tangan, maka tangan akan tertutup lendir. Pada kondisi seperti ini Sobatku perlu memakai hand sanitizer berbasis alkohol yang lebih banyak untuk menonaktifkan virus atau bakteri.

Walaupun begitu, menurut ahli kesehatan cuci tangan dengan sabun tetap menjadi solusi terbaik untuk mencegah virus corona karena adanya kemampuan sabun dan air untuk menjebak dan membersihkan mikroorganisme sehingga upaya untuk mematikan virus corona menjadi lebih optimal.

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *