cuci tangan

Kenapa sih Harus Cuci Tangan Dengan Sabun Selama 20 Detik? Ternyata Ini Alasannya

Pernahkah Sobatku berpikir kenapa ahli kesehatan mengajurkan masyarakat untuk cuci tangan dengan sabun selama 20 detik untuk mendapatkan hasil maksimal? Selain ditujukan untuk mencegah penyebaran virus corona, ternyata cara ini diharapkan dapat membunuh bakteri, kuman, dan virus secara lebih efektif. Mencuci tangan dengan sabun selama 20 detik ini pun dianggap sebagai cara mencuci tangan yang benar.

Menurut Center for Disease Control and Prevention (CDC) di AS, ada beberapa langkah yang bisa Sobatku lakukan saat cuci tangan bila ingin membunuh semua penyebab masalah kesehatan, termasuk virus corona. Yaitu:

  1. Basahi tangan dengan air bersih, baik dingin atau hangat. Matikan keran dan gunakan sabun atau handwash.
  2. Gosok tangan secara menyeluruh hingga menghasilkan busa, termasuk bagian punggung tangan, sela-sela jari, dan di bawah kuku.
  3. Pastikan kamu menggosok tangan selama 20 detik. Di sini, Sobatku bisa menghitungnya dalam hati.
  4. Selanjutnya, bilas tangan secara menyeluruh di bawah air mengalir hingga busa sabun hilang semuanya.
  5. Matikan keran dan gunakan handuk bersih untuk mengeringkannya. Sobatku juga bisa mengeringkannya secara dianggin-angin.

Langkah tersebut di atas perlu Sobatku lakukan saat:

  1. Sebelum, selama, dan setelah menyiapkan makanan atau melahap makanan.
  2. Setelah menggunakan toilet, atau membantu anak kecil yang memakai toilet.
  3. Setelah batuk, bersin, atau menyentuh hidung.
  4. Setelah merawat orang yang sakit.
  5. Setelah menyentuh sampah.
cuci tangan

Sobatku, kamu juga perlu tahu bila cuci tangan dengan sabun selama 20 detik itu lebih baik daripada menggunakan hand sanitizer. Hal ini disebabkan karena gel seringkali meninggalkan beberapa kuman. Sedangkan tangan yang bersih dapat menghentikan penyebaran kuman dari satu orang ke orang lain di seluruh komunitas, mulai dari rumah dan tempat kerja hingga fasilitas childcare dan rumah sakit.

Rekomendasi untuk cuci tangan dengan sabun selama 20 detik pun bukan tanpa alasan karena peneliti telah melakukan riset akan adanya perbedaan signifikan saat mencuci tangan dengan sabun. Eksperimen yang dilakukan bulan Maret 2018 ini mengungkapkan hasil di bawah sinar UV tentang seberapa kotor tangan kita yang sebenarnya.

Pada kesempatan tersebut, peneliti menguji perbedaan saat seseorang cuci tangan dengan sabun selama 5 detik, 20 detik dan menggunakan hand sanitizer untuk mencari tahu apa yang tertinggal di permukaan telapak tangan, bahkan setelah mencuci tangan secara menyeluruh menggunakan air bersih.

Selanjutnya, peneliti mengobservasi permukaan tangan di bawah sinar UV untuk mencari tahu bagaimana mencuci tangan dapat menghilangkan kuman. Dan hasilnya, ketika mencuci tangan dengan sabun selama lima detik, diketahui bila cahaya sinar UV menunjukan area di bawah jari, di bawah kuku, di cincin, dan pangkal telapak tangan memendam sebagian besar kuman setelah dibersihkan secara kilat tersebut.

Sedangkan ketika membersihkan tangan dengan hand sanitizer, kuman yang ada di tangan masih terlihat di bawah sinar UV biarpun jumlah lebih sedikit dibandingkan ketika cuci tangan dengan sabun selama lima detik. Tetapi saat cuci tangan dengan sabun selama 20 detik, tangan menunjukan keberadaan kuman yang minimal.

Hal ini pun menjadi salah satu alasan kenapa kebiasaan baik untuk cuci tangan dengan sabun selama 20 detik sangat dianjurkan oleh ahli kesehatan. Apalagi ketika sekarang penularan virus corona mulai meluas. Agar dapat mencegah penyebaran kuman, bakteri dan virus corona, Sobatku pun sangat dianjurkan untuk cuci tangan selama 20 detik dengan sabun seperti yang diulas oleh team obat panu dari obatkurap19

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *