Kenapa sih Panu Sering Datang Kembali Setelah Diobati?

Kenapa sih Panu Sering Datang Kembali Setelah Diobati?

Panu adalah infeksi jamur pada kulit yang cukup umum. Jamur ini akan mengganggu pigmentasi kulit normal hingga menghasilkan bercak kecil dan mengubah warna kulit. Bercak ini warnanya bisa lebih terang atau lebih gelap dibandingkan dengan kulit sekitarnya. Paparan sinar matahari yang berlebihan pun bisa membuat panu nampak lebih jelas. Lalu, apa sebenarnya gejala, tanda, dan cara untuk mengatasinya?

Panu yang dalam bahasa latin dikenal dengan tinea versicolor juga disebut dengan pityriasis versicolor tidak menimbulkan rasa sakit. Tetapi, jika seseorang memiliki panu, ini sudah cukup membuat tekanan emosi dan tidak pede, merasa malu hingga membuat minder.

Produk anti jamur yang dijual bebas dalam bentuk cair, cream maupun salep umumnya dapat membantu mengatasi panu. Walaupun jika kamu telah merasa sukses menghilangkan panu dari permukaan kulit, warna kulit masih belum merata selama beberapa minggu atau beberapa bulan.  Bahkan, panu masih dapat muncul kembali, terutama pada saat cuaca hangat dan lembap.

Mungkin kamu bertanya-tanya, kenapa setelah pengobatan yang telah dilakukan selama sekian minggu, panu masih saja kembali? Jawabannya cukup mudah karena jamur yang menyebabkan panu ini dapat ditemukan dengan mudah pada kulit sehat. Biarpun begitu, jamur ini hanya akan menimbulkan masalah ketika tumbuh secara berlebihan.

Faktor-faktor seperti cuaca panas dan lembap, memiliki jenis kulit berminyak, terjadinya perubahan hormon dan lemahnya sistem imum membuat seseorang bisa dengan mudah terkena panu kembali, walaupun sebelumnya sudah berhasil dihilangkan. Jadi, jangan heran jika salah satu pencetus tersebut muncul, seseorang bisa terkena panu.

Untuk alasan inilah kenapa kamu perlu menjaga kebersihan diri dengan segera ganti baju bila berkeringat serta mengonsumsi makanan sehat untuk menyeimbangkan hormon dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan cara seperti ini, paling tidak risiko untuk terkena panu bisa diminimalisir. Dan jika kamu sering mengalami panu datang kembali, kamu bisa melakukan upaya pencegahan.

Agar panu tidak datang kembali, kamu juga perlu melakukan pengobatan dengan benar. Kamu bisa gunakan Obat Kurap 19. Produk ini berbentuk cair sehingga praktis digunakan untuk membantu meringankan panu. Teteskan pada kapas dan berikan di tempat yang sakit 3 kali sehari sampai sembuh, selama kurang lebih satu minggu.

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *