Kurap, penyakit yang bikin malu. Yuk Cegah dari sekarang!

Kurap, penyakit yang bikin malu. Yuk Cegah dari sekarang!

Siapa sih yang mau terkena penyakit kulit? Apalagi kena kurap, penyakit kulit yang satu ini akan membuat kita malu dan tidak percaya diri. Mencegah penyakit kurap berarti harus lebih menjaga higienitas.

Tentu saja, semua orang bisa terkena kurap. Tetapi orang-orang yang memiliki sistem imun lemah lebih berisiko terkena infeksi dan jauh lebih sulit untuk mengatasinya. Apalagi buat kamu yang sering menggunakan fasilitas umum seperti pancuran atau shower, seorang atlit yang harus bersentuhan kulit dengan kulit (pegulat), berkeringat secara berlebih, atau kamu yang sering kontak dengan binatang. Daripada harus menanggung malu, yuk simak sama-sama cara mencegah kurap.

Bagaimana saya bisa mencegah penyakit kurap?

Agar bisa terhindar dari penyakit kurap, lakukan langkah-langkah pencegahan, seperti :

  • Menjaga kulit tetap bersih dan kering.
  • Kenakan sepatu yang memungkinkan ada sirkulasi udara dengan bebas di sekitar kaki.
  • Jangan berjalan tanpa alas kaki di area seperti ruang ganti atau kamar mandi umum.
  • Gunting kuku tangan dan kaki agar selalu pendek dan jaga selalu kebersihannya.
  • Ganti kaus kaki dan pakaian dalam paling tidak sekali dalam sehari.
  • Jangan berbagi pakaian, handuk, sprei, atau barang-barang pribadi dengan seseorang yang punya penyakit kurap.
  • Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir setelah bermain dengan binatang.
  • Jika kamu curiga bintang peliharaan punya kurap, segera bawa ke dokter hewan untuk segera diobati sehingga kamu tidak akan tertular.
  • Jika kamu adalah seorang atlit yang terlibat dalam olahraga kontak dengan yang lain secara dekat, segera mandi setelah sesi latihan atau pertandingan dan jaga semua perlengkapan olahraga dan seragam yang dipakai tetap bersih. Juga, jangan berbagi peralatan olahraga apapun (bahkan helm) dengan orang lain.

Mencegah penyakit kurap yang terlular dari hewan

Jika kamu merasa hewan peliharaan punya kurap, kamu tentu merasa khawatir dan bingung apa yang harus dilakukan. Perlu kamu tahu jika kurap dapat dengan mudah disebarkan dari hewan ke manusia. Untuk mencegah kurap dari hewan, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir setelah bermain-main dengan hewan atau
    menyentuhnya.
  • Pakai sarung tangan atau lengan panjang jika kamu harus menangani binatang yang punya kurap, dan selalu cuci tangan dengan sabun setelah memegangnya.
  • Vakuum area rumah yang didatangi oleh binatang yang terinfeksi. Ini akan membantu menghilangkan bulu-bulu atau serpihan kulit yang terinfeksi.
  • Disinfeksi area tempat hewan peliharaan menghabiskan waktu, termasuk benda apapun dan tempat tidur. Spora jamur dapat dibunuh dengan disinfektan seperti pemutih klorin encer, benzalkonium klorida, atau detergen yang kuat. Namun, jangan pernah mencampur produk pembersih karena ini bisa menyebabkan gas berbahaya.
  • Selain itu, jangan pernah menangani binatang yang memiliki kurap jika kamu memiliki sistem imun yang lemah, sedang menjalani perawatan kanker, atau menggunakan obat yang menekan sistem kekebalan tubuh.

Namun Jika setelah melakukan langkah pencegahan SobatKu tetap terkena penyakit kulit karena jamur. Segera obati dengan Obat Kurap 19.  Obat ini berbentuk cair sehingga praktis dan efektif digunakan untuk membantu meringankan penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur. Caranya mudah bersihkan terlebih dahulu bagian kulit yang terkena infeksi. Ambil sedikit kapas, tetesi dengan Obat Kurap 19. Berikan pada tempat yang sakit 3 kali sehari sampai sembuh, selama kurang lebih satu minggu.

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *