Artikel_7

Masih Malas Mandi? Alasan Berikut Akan Membuatmu Mengubah Kebiasaan Tersebut

Sobatku, apakah kamu masih malas mandi saat cuaca sedang dingin? Kalau sesekali mungkin tidak masalah. Namun kalau ini jadi kebiasaan, Sobatku perlu tahu bila ada berbagai masalah kesehatan yang dapat ditimbulkan. Misalnya bau badan yang tak sedap hingga membuat orang lain enggan untuk mendekat. Sebenarnya, masih ada masalah lain yang bakal Sobatku rasakan jika kebiasaan malas mandi tetap dilanjutkan. Dan berikut adalah beberapa diantaranya.

Infeksi Dari Kuman

Sepanjang hari, kamu tentu telah melakukan kontak dengan berbagai permukaan benda yang faktanya penuh dengan kuman, termasuk ponsel, keyboard, gagang pintu, atau alat transportasi umum. Selama seharian, tangan kamu tertransfer kuman tersebut pada berbagai area tubuh dan setiap luka atau goresan yang tidak terawat dapat memindahkannya ke aliran darah. Hal ini pun membuat Sobatku rentan terhadap berbagai masalah kulit. Tidak hanya itu, kamu juga dapat meningkatkan peluang tertular infeksi bakteri atau jamur.

Kondisi Kulit Seperti Jerawat atau Folikulitas

Kebiasaan malas mandi memastikan bila kotoran, keringat, dan sel-sel kulit mati terakumulasi pada permukaan kulit. Hal ini pun dapat memperburuk kondisi kulit, terutama bagi mereka yang memiliki masalah jerawat. Punya kebiasaan malas mandi juga dapat memicu folikulitas, di mana ini mengacu pada peradangan folikel rambut.

Dermatitis Neglecta

Disebut juga dengan unwashed dermatosis, akumulasi keringat dan kotoran pada kulit juga memicu berkembangnya warna kulit tidak merata dan ini sudah pasti menjadi kabar buruk bagi kaum hawa. Umumnya, masalah ini dapat diredakan dengan menggunakan penyeka alkohol dan rajin menyabuninya.

Bau Badan

Ini adalah salah satu masalah paling umum yang akan terjadi bila Sobatku malas mandi. Keringat memang tidak berbau, namun tidak membersihkan area yang sering berkeringat seperti di bawah ketiak, lipatan lengan dan kaki (terutama bila kamu memakai kaus kaki dan sepatu tiap hari), dapat memicu bau badan. Hal ini disebabkan karena bakteri pada kulit dan rambut memetabolisme protein dan asam lemak hingga menimbulkan bau tidak sedap.

Sering Menggaruk Badan Karena Gatal

Masalah lain yang dapat terjadi saat Sobatku punya kebiasaan malas mandi adalah akan sering menggaruk-garuk badan karena kulit terasa gatal. Tidak bisa dibantah lagi bila tidak mandi secara rutin akan membuat tubuh terasa gatal. Hal ini disebabkan oleh akumulasi sel-sel kulit mati dan bakteri.

Ditambah lagi, kamu akan merasa tidak nyaman karena akan lebih sering menggaruk-garuk badan. Bila Sobatku menggaruk permukaan kulit dengan keras, bakteri berbahaya dapat masuk pada sistem peredaran darah, di mana ini adalah sesuatu yang pasti tidak kamu inginkan karena dapat memicu masalah kesehatan lain.

Membuat Kulit Terlihat Kusam

Mandi secara teratur tidak hanya dapat menjaga kebersihan tubuh, tetapi juga memastikan bila kamu akan merasa lebih energik dan segar. Hal ini sudah terbukti. Selesai mandi, kamu pasti akan merasa lebih cerah dan bersemangat karena tubuh telah membasahi seluruh kulit dan membuatnya seperti tidak lelah lagi. Namun jika malas mandi, Sobatku tidak akan merasakan hal tersebut.

Nah bila Sobatku punya kebiasaan malas mandi dan berakhir dengan masalah kulit seperti kurap dan panu, Sobatku dapat mengandalkan Obat Kurap 19 untuk meredakan masalah tersebut. Cara mengobatinya cukup mudah. Sobatku hanya perlu meneteskan Obat Kurap 19 pada kapas, lalu dioleskan pada area yang terkena masalah kulit tersebut. Lakukan secara teratur selama seminggu atau hingga sembuh.

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *