Pertanyaan Tentang Kurap yang Perlu Kamu Tahu Jawabannya

Pertanyaan Tentang Kurap yang Perlu Kamu Tahu Jawabannya

Ada berbagai pertanyaan tentang kurap yang masih belum dipahami oleh sebagian orang. Seperti yang kamu tahu, penyakit kurap disebabkan oleh berbagai genus dan spesies jamur (seperti spesies Trichophyton dan spesies Epidermophyton), yang terjadi dengan pola melingkar seperti cincin. Biar tambah informasi dan tahu bagaimana mencegah dan mengatasinya, yuk cari tahu sama-sama jawaban atas berbagai pertanyaan tentang kurap berikut ini.

Apakah penyakit kurap dapat menular?

Ya, penyakit kurap sangat menular karena dapat ditransfer dari orang per orang dengan kontak langsung (kulit ke kulit) dan juga kontak tidak langsung seperti menyentuh pakaian orang yang terinfeksi, atau bahkan dengan menyentuh kursi atau objek lain yang telah ditempati oleh orang yang terinfeksi, bahkan dari hewan.

Berapa lama kurap menular? Apakah kurap menular selama masa perawatan?

Kurap bisa menular selama lesi/bagian yang terinfeksi masih ada. Dan akan berhenti menular sekitar 24 – 48 jam setelah perawatan dimulai.

Bagaimana saya tahu kalau saya terinfeksi penyakit kurap?

Waktu dari kontak awal dengan jamur hingga gejala (masa inkubasi) berkisar antara 4 – 14 hari, tergantung pada bagian tubuh mana yang terinfeksi, gejala, dan tanda-tanda yang muncul, misalnya kulit bisa gatal dengan ruam berbentuk cincin, berwarna kemerahan, bersisik, ada retakan pada kulit atau plak, juga rambut rontok. Kuku terinfeksi jika terjadi perubahan warna dan menebal. Dan jika seseorang punya sistem kekebalan lemah dan tidak normal, biasanya memiliki gejala lebih parah.

Bagaimana Kurap Menyebar?

Kurap mudah menyebar dari orang ke orang dengan menyentuh bagian yang terinfeksi pada orang lain atau dengan menyentuh pakaian, atau objek yang telah mengalami kontak dengan orang yang terinfeksi. Kurap juga dapat menular dari orang yang menggunakan ruang ganti untuk kolam renang atau ruang ganti untuk acara atletik lain.

Orang yang berkeringat secara berlebihan dan memakai pakaian ketat lebih rentan terhadap infeksi kurap. Secara teoritis, kontak kulit dengan kulit secara langsung dalam air atau kolam renang, atau hot tub dapat menyebarkan infeksi, tetapi jauh lebih kecil kemungkinannya daripada kontak kulit ke kulit di tempat lain. Kamu juga bisa terinfeksi dari hewan yang mengalami masalah kurap.

Bagaimana saya tahu kalau saya sudah sembuh dari masalah kurap?

Secara umum, kurap tidak menular dalam 24 – 48 jam setelah perawatan obat topikal. Namun, protokol perawatan biasanya memerlukan waktu sekitar 1 – 2 minggu. Jika pengobatan dihentikan atau tidak selesai, ada kemungkinan kurap muncul kembali. Sebagian besar bentuk kurap dapat diobati dengan obat yang dijual bebas dalam bentuk cair, salep, krim, lotion, atau bubuk. Obat-obat ini disebut sebagai obat anti jamur. Bahkan jika seseorang berhasil disembuhkan dari kurap, masih ada kemungkinan untuk terinfeksi kembali jika orang tersebut bertemu lagi dengan sumber infeksi lain seperti orang yang terinfeksi atau benda yang terkontaminasi.

Kapan seharusnya saya mencari perawatan medis untuk mengatasi infeksi kurap?

Banyak orang yang dapat sembuh hanya dengan diobati obat anti jamur yang dijual bebas. Kamu bisa menggunakan Obat Kurap 19. Obat ini berbentuk cair sehingga lebih praktis digunakan dan efektif membantu meringankan penyakit kulit karena jamur seperti panu, kadas, kurap dan kutu air. Caranya mudah bersihkan terlebih dahulu bagian kulit yang terkena panu, kadas dan kurap. Ambil sedikit kapas, tetesi dengan OBAT KURAP 19. Berikan pada tempat yang sakit 3 kali sehari sampai sembuh, selama kurang lebih satu minggu. 

 

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *