Cegah Panu dengan Pola Makan yang Benar

Cegah Panu dengan Pola Makan yang Benar

Panu adalah masalah kulit yang sering membuat seseorang kehilangan rasa percaya diri. Apalagi jika panu muncul pada bagian tubuh yang mudah terlihat, seperti tangan dan wajah.
Ternyata, pola makan sehari-hari dapat memengaruhi apakah panu bisa cepat sembuh, atau mudah datang kembali setelah diobati. Berikut adalah beberapa tips pola makan yang benar untuk mengatasi dan mencegah panu.

Jenis Makanan yang Dianjurkan Untuk Dikonsumsi

Ada beberapa jenis makanan yang harus kamu perhatikan. Misalnya:

  • Daging sebagai sumber utama protein. Tetapi, penting juga untuk menyeimbangkan protein dalam daging dengan protein lain, seperti kedelai, pisang, semangka dan selada. Kamu perlu mendapat asupan daging yang cukup tiap hari untuk pola makan yang benar agar panu bisa segara dihilangkan.
  • Minyak, bermanfaat untuk meningkatkan sistem kardiovaskuler, sekaligus sistem imun.
  • Asam lemak omega-3, bagian penting dari pola makan untuk membantu melawan panu. Asam lemak esensial ini menawarkan banyak manfaat kesehatan seperti sirkulasi darah, mencegah peradangan dan menguatkan sistem imun. Beberapa sumber yang bagus untuk asam lemak omega-3 adalah salmon, walnut, dan alpukat.
  • Buah dan sayur, untuk orang yang punya masalah panu, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi bit, bayam, sayuran berdaun hijau tua, dan wortel.
  • Minum air yang cukup karena air dapat membantu tubuh bekerja dengan baik, membuat kulit makin sehat, sekaligus punya efek yang bagus untuk mengobati panu.

Jenis Makanan yang Perlu Dihindari Jika Memiliki Panu

Ada beberapa jenis makanan yang perlu dihindari jika kamu punya masalah panu. Diantaranya adalah:

  • Makanan yang mengandung gluten seperti telur, soda, dan keripik kentang. Kamu bisa mengalami peradangan ketika mengonsumsi makanan tersebut tanpa tanda alergi apapun. Jenis makanan tersebut juga dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh. Karena itu, jenis makanan tersebut sebaiknya dihindari jika kamu sedang berusaha untuk mengobati panu.
  • Makanan asam seperti lemon juga dapat meningkatkan tingkat keasaman di dalam perut. Ketidakseimbangan ini dapat memperburuk kondisi panu.
  • Tomat, bubuk cabai, kentang, terong putih untuk beberapa orang disinyalir dapat menyebabkan peradangan. Jadi, jika kamu punya masalah panu, hindari jenis makanan tersebut untuk sementara waku.
  • Hindari juga jenis makanan olahan atau dalam kaleng karena jenis makanan tersebut mengandung bahan pengawet tinggi dan tidak sehat, di mana ini bisa berdampak negatif pada sistem kekebalan tubuh hingga membuat usaha untuk mengobati panu menjadi berjalan lambat.
  • Makanan cepat saji dan soft drink juga perlu dihindari jika kamu punya panu. Pola makan yang benar dapat membantu menyelesaikan masalah panu. Tidak hanya mengandung kadar gula dan garam yang tinggi, kedua jenis makanan tersebut juga dapat
    menurunkan kualitas sistem imun dan mempercepat proses penuaan kulit.
  • Untuk sementara waktu, kamu juga perlu menghindari mengonsumsi vitamin C dalam bentuk vitamin dan makanan seperti apel, buah sitrus, tomat, dan grapefruit. Hal ini disebabkan karena vitamin C dapat mengganggu pigmentasi kulit, mengurangi kandungan mineral tembaga dalam serum darah. Hal ini pun bisa menyebabkan aktivitas fermentasi tirosin dan membuat kesulitan dalam mensintesis pigmen hitam pada kulit hingga meningkatkan kemungkinan munculnya panu

Jika SobatKu telah berusaha melakukan langkah pencegahan namun tetap terkena penyakit kulit karena jamur seperti panu, kadas, kurap dan kutu air segera obati dengan  Obat Kurap 19. Berbentuk cair sehingga praktis digunakan dan efektif membantu meringankan penyakit kulit karena infeksi jamur. Tinggal Tetes, infeksi jamur kulit Goyess deh.

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *