Suka Pergi Ke Gym dan Ogah Terkena Kurap? Yuk, Ikuti Panduan Berikut Ini

Sebagian orang berpikir jika gym atau pusat kebugaran adalah tempat yang bersih karena sebagian besar orang yang datang  ke sana peduli akan kesehatan dan body image mereka. Biarpun hal tersebut cukup masuk akal, namun Sobatku perlu tahu jika gym juga dapat menjadi sarang jamur penyebab kurap, kutu air dan masalah kulit lainnya, seperti panu dan kadas.

Sebagian besar pengunjung gym tidak menyadari akan masalah kulit yang mengintai. Hal yang tidak diharapkan ini bisa terjadi jika Sobatku teledor dan menganggap tempat gym tersebut bersih. Faktanya, kurap air yang merupakan infeksi kulit yang disebabkan oleh jamur bisa menyebar di tempat gym hingga membuat Sobatku merasa tidak nyaman saat melakukan berbagai aktivitas.

Lalu, apa yang perlu dilakukan di gym agar Sobatku terhindari dari masalah kurap air? Berikut adalah beberapa hal yang dapat Sobatku terapkan untuk mengurangi risiko dan mencegah tersebarnya jamur yang menimbulkan kurap.

  • Jika Sobatku berada di gym, gunakan tisu pembersih yang disediakan di dekat semua alat berat dan kardio. Jika tidak ada, Sobatku bisa membawanya sendiri dari rumah. Salah satu sopan santun yang umum mengatakan bahwa tiap orang yang menggunakan peralatan di gym seharusnya membersihkannya terlebih dulu setelah menggunakan agar peralatan tersebut dapat digunakan oleh member selanjutnya. Namun jika ragu, Sobatku bisa melakukannya sendiri sebelum dan setelah menggunakannya.
  • Mandilah dengan sabun, tepat setelah berolahraga jika hal tersebut memungkinkan. Infeksi jamur biasanya tidak menyebar pada kepala dan leher. Bahkan jika Sobatku hanya memiliki waktu beberapa menit saja, Sobatku dapat langsung menuju ke ruang ganti dan langsung membilas kepala dengan cepat tanpa perlu mencuci rambut.
  • Pakailah sandal ketika mandi di gym karena Sobatku menggunakan ruang ganti bersama. Dengan memakai sandal, ini dapat mencegah kaki menyentuh lantai, tempat di mana jamur hidup. Sandal juga dapat digunakan saat Sobatku bersih-bersih di ruang ganti. Sobatku bisa membelinya dengan harga murah dan mengkhususkannya untuk digunakan hanya ketika pergi ke gym.
  • Jangan berbagi pakaian atau handuk dengan orang lain, terutama saat ada di gym. Handuk yang tersedia di gym yang telah digunakan oleh orang lain tidak dapat dijamin kebersihannya dari jamur penyebab kurap. Untuk amannya, Sobatku disarankan membawa handuk sendiri dari rumah.
  • Jika Sobatku berpikir baju atau handuk telah terkontaminasi dan terkena kontak dengan kurap, pastikan untuk mencucinya dengan air panas.
  • Kenakan pakaian longgar yang tidak akan membuat kulit terasa hangat atau lembap setelah berolahraga.
  • Ganti kaus kaki dan pakaian dalam paling tidak sekali dalam sehari. Plus, jangan pernah hanya membaliknya saja dan menggunakannya di lain waktu. Ini benar-benar jorok, bahkan pakaian seperti ini bisa jadi sarang kuman dan jamur.
  • Jika teman sekamar menggunakan kamar mandi bersama dan kebetulan terkena infeksi jamur, pastikan mereka untuk segera mengobatinya agar Sobatku tidak tertular kurap dan masalah kulit lainnya.

Nah, jika Sobatku suka pergi ke gym dan ternyata tertular kurap atau panu dari member lain, Sobatku tidak perlu khawatir. Sobatku bisa memakai Obat Kurap 19 untuk meringankan masalah kurap. Caranya, teteskan Obat Kurap 19 pada kapas, lalu aplikasikan pada bagian yang terkena kurap atau panu. Lakukan ini secara teratur selama kurang lebih satu minggu untuk meredakan kurap atau panu.

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *