Tetap Sehat Saat Ramadhan

Tetap Sehat Saat Ramadan, Nggak Susah Kok Kalau Tahu Caranya

Ramadan telah tiba dan menjaga tubuh tetap sehat saat ramadan bukanlah sesuatu yang sulit untuk dilakukan jika Sobatku tahu cara melakukannya. Tidak dapat dipungkiri jika selama bulan ramadan, seseorang memiliki risiko tinggi terkena dehidrasi karena konsumsi makanan dan minuman terbatas di siang hari. Kurang tidur di malam hari dan dehidrasi pun dapat menyebabkan sakit kepala. lalu, apa yang perlu dilakukan untuk bisa tetap sehat saat ramadan? Berikut tips untuk Sobatku semua.

Jangan Melewatkan Sahur

Seperti yang seringkali Sobatku dengar, ‘Sarapan pagi adalah jam makan paling penting dalam sehari’. Dan selama ramadan, ini menjadi lebih penting lagi. Biarpun melewatkan sahur agar tidur tidak terganggu terdengar menyenangkan, namun Sobatku jangan pernah melakukannya. Ini disebabkan karena makan sahur dapat memperpanjang periode puasa
karena tubuh akan bergantung pada makanan sebelumnya agar bisa memberi nutrisi dan energi yang diperlukan hingga berbuka puasa.


Jangan Berlebihan Saat Berbuka Puasa

Sama halnya dengan tidak melewatkan waktu sahur, Sobatku juga disarankan untuk tidak berlebihan saat berbuka puasa karena ini dapat membahayakan tubuh. Menu buka puasa seharusnya juga seimbang, bernutrisi dan tidak seperti halnya menikmati makanan saat pesta. Mengonsumsi makanan tinggi lemak atau berlebihan justru dapat memicu masalah pencernaan dan kenaikan berat badan.


Hindar Mengonsumsi Makanan Gorengan, Asin, dan Tinggi Gula

Seringkali, menu buka puasa tidak jauh dari gorengan dan makanan atau minuman tinggi gula. Biarpun mengonsumsi makanan tersebut membuat kamu merasa senang dalam jangka pendek, faktanya ini tidak baik untuk kesehatan karena selain dapat meningkatkan berat badan, mengonsumsi makanan berlemak dan manis dapat menyebabkan rasa lesu dan kelelahan. Selain itu, Sobatku juga dianjurkan untuk membatasi asupan garam, terutama saat sahur karena ini dapat meningkatkan rasa haus. Sebagai gantinya, Sobatku dapat mengonsumsi buah dan sayuran karena kedua jenis makanan tersebut kaya akan serat dan cocok untuk dikonsumsi saat ramadan karena dicerna lebih lambat. Dengan begitu, Sobatku akan merasa kenyang lebih lama.


Minum Air yang Cukup

Minumlah air yang cukup saat sahur dan berbuka puasa karena ini dapat membantu mengurangi risiko dehidrasi selama Sobatku berpuasa di siang hari. Jika memungkinkan, minumlah 8 gelas, dengan rincian 4 gelas saat sahur dan 4 gelas setelah berpuasa. Dengan begitu, tubuh akan mendapatkan asupan cairan yang cukup. Cairan ini ada dalam bentuk jus, susu, minuman dan sup. Tetapi air putih tetap menjadi pilihan yang terbaik. Selain itu, Sobatku juga perlu mengurangi konsumsi minuman
berkafein seperti kopi, teh, dan cola karena jenis minuman tersebut memiliki efek diuretik dan membuatkan Sobatku kehilangan cairan.


Mulailah Berbuka Puasa Dengan Kurma

Cara lain yang dapat dilakukan agar Sobatku bisa tetap sehat saat ramadan adalah berbuka dengan kurma. Ini disebabkan karena kurma mengandung gula alami yang dapat memberi energi pada tubuh dengan cepat setelah Sobatku seharian berpuasa. Dengan cara ini, rasa lapar yang Sobatku rasakan dapat mereda.

Tetap Berolahraga

Banyak orang yang ragu untuk berolahraga saat berpuasa karena dapat membuat tubuh letih dan haus. Faktanya, jika Sobatku ingin tetap sehat saat ramadan, Sobatku masih dapat melakukan olahraga ringan dan dilakukan di sore hari. Tidak perlu dengan angkat beban karena Sobatku dapat melakukan olahraga ringan/ sekedar jalan-jalan.Menggabungkan pola makan yang sehat dan berolahraga akan membuat Sobatku tetap sehat saat ramadan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *