Untuk Mencegah Kurap, Kenakan Kaus Kaki dan Sepatu yang Tepat Ya

Mencegah kurap dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan diri, misalnya dengan selalu memakai alas kaki yang tepat. Seperti yang kita tahu jika kurap adalah infeksi jamur menular yang dapat menyebabkan gatal-gatal dan kulit terasa terbakar diantara jari-jari kaki, telapak kaki, dan bagian tubuh lainnya. Tidak hanya itu, kurap juga menyebabkan kulit terkelupas, bersisik, melepuh, dan kuku kaki yang menebal. Oleh karena itulah kenapa Sobatku perlu mengenakan kaus kaki dan sepatu yang tepat untuk mencegah kurap.

Awas, Infeksi Jamur Pada Kaki

Infeksi jamur penyebab kurap dapat menyebar dari kaki ke bagian tubuh lain, terutama pada bagian tangan, pangkal paha, dan kuku karena jamur sebenarnya dapat tertransfer melalui tangan atau handuk. Jamur yang bertanggungjawab untuk masalah kurap ini dapat tumbuh subur di tempat-tempat yang lembap dan gelap, seperti pada bagian kaki.

Biarpun beberapa jenis obat diketahui dapat meringankan masalah kurap, namun Sobatku juga dapat meringankan infeksi atau mencegah munculnya kurap kembali dengan memperhatikan apa yang Sobatku pakai sehari-hari pada kaki, terutama dengan mengenakan kaus kaki dan sepatu yang tepat.

Kaus Kaki Dari Bahan Sintetis Dapat Menjaga Kaki Tetap Kering

Biarpun tampak berlawanan dengan intuisi, namun kaus kaki yang terbuat dari bahan sintetis sebenarnya paling baik untuk menghilangkan kelembapan yang berlebih dan mampu menjaga telapak kaki tetap kering sehingga cocok dikenakan bagi Sobatku yang sedang mengalami masalah kurap. Kaus kaki ketat atau terkompres yang terbuat dari bahan sintetis, bahkan lebih baik karena jenis kaus kaki ini menempel erat pada kulit dan dapat menghilangkan kelembapan segera setelah kaki mulai berkeringat.

Kaus kaki yang terbuat dari bahan wol atau katun diketahui cenderung memerangkap kelebihan kelembapan, hingga dapat menciptakan lingkungan yang sempurna bagi jamur untuk tumbuh dan menyebar. Jika kaki Sobatku berkeringat sepanjang hari, atau basah, Sobatku dapat mengganti kaus kaki yang kering di tengah hari untuk mencegah kondisi kurap memburuk.

Pakai Sepatu yang Ringan dan Breathable

Apa yang Sobatku kenakan di atas kaus kaki sama pentingnya dengan kaus kaki itu sendiri. Untuk mencegah kurap muncul atau datang kembali, Sobatku disarankan untuk memakai sepatu yang ringan dan breathable sehingga tidak akan menimbulkan sensasi panas atau hangat pada kaki hingga dapat mengunci kelembapan. Jika memungkinkan, kenakan sepasang sepatu secara selang-seling agar sepatu yang Sobatku pakai benar-benar ada pada kondisi kering.

Dan ketika Sobatku hangout di luar, atau hanya sekedar jalan-jalan, pilihan terbaik untuk kaki agar terhindar dari kurap adalah dengan tidak mengenakan kaus kaki sama sekali. Biarpun Sobatku tidak dapat lolos dari kondisi seperti ini saat bekerja, pastikan Sobatku memberi waktu ekstra pada kaki untuk bernapas dengan memakai sandal tanpa kaus kaki.

Ketika kaki tidak terlalu mengangkat beban berat (sepatu) dan hanya mengenakan sandal, hal ini dapat menciptakan aliran udara yang akan membuat kaki dan telapak kaki lebih kering sehingga dapat menjauhkan Sobatku dari masalah kurap, atau kondisi kurap air menjadi semakin baik. Nah, jika sekarang Sobatku mengalami masalah kurap dan belum berhasil mengatasinya, Sobatku dapat mengaplikasikan Obat Kurap 19 untuk meringankan kurap. Caranya, bersihkan terlebih dulu bagian kulit yang terkena kurap. Ambil kapas, lalu tetesi dengan Obat Kurap 19. Setelah itu, aplikasikan pada area yang terkena kurap sebanyak 3x sehari selama satu minggu atau hingga sembuh.

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *